Jumat, 16 Mei 2014

SUSPENSI

1. URAIAN

Sistem suspensi terletak diantara body kendaraan dan roda-roda, dan dirancang untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan sehingga menambah kenikmatan dan stabilitas berkendaraan serta memperbaiki kemampuan cengkram roda terhadap jalan.

Suspensi terdiri dari pegas, shock absorber, stabilizer dan sebagainya. Pada umumnya suspensi dapat digolongkan menjadi suspensi tipe rigid (rigid axle suspension) dan tipe bebas (independent suspension).
Suspensi menghubungkan body kendaraan dengan roda-roda dan berfungsi sebagai berikut :
  • Selama berjalan, kendaraan secara bersama-sama dengan roda, menyerap getaran, oskilasi dan kejut­ an dan permukaan jalan, hal ini untuk melindungi penumpang dan barang agar aman, serta menam­ bah kenyamanan dan stabilitas.
  • Memindahkan gaya pengereman dan gaya gerak ke body melalui gesekan antara jalan dengan roda­ roda.
  • Menopang body pada axle dan memelihara letak geometris antara body dan roda-roda.

2. KOMPONEN UTAMA SUSPENSI

Sistem suspensi terdiri dari komponen berikut ini. Dan dari komponen-komponen ini, pegas-pegas dan shock absorber digunakan pada semua sistem suspensi, sedangkan komponen lainnya digunakan pada model tertentu saja.


   






Sumber : New Step 1

0 komentar: